Komitmen FH Unisma Latih Jiwa Kepemimpinan dan Kedisiplinan Mahasiswa Lewat LKMM

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Fakultas Hukum Universitas Islam Malang (FH Unisma) Malang menggelar serangkaian kegiatan Latihan Kepemimpinan dan Manajemen Mahasiswa (LKMM) selama tiga hari, 24-26 November 2023.Berlangsung di Dodikjur Rindam V/Brawijaya, kegiatan ini merupakan kerja sama Fakultas Hukum dengan Rindam V/Brawijaya. Dengan diikuti seluruh mahasiswa baru Fakultas Hukum Unisma Malang tahun 2023. Dekan Fakultas Hukum Unisma, Dr H Suratman SH MH menyampaikan, pelatihan tersebut menjadi bentuk komitmen fakultas dalam melatih jiwa kepemimpinan serta kedisiplinan mahasiswa. Karenanya, ini merupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa Fakultas Hukum. Mahasiswa juga harus serius dan disiplin dalam mengikuti rangkaian kegiatan LKMM. Termasuk. mengerjakan setiap tugas yang diberikan oleh Panitia. Kerena LKMM ini akan dinilai, sehingga ada yang dinyatakan lulus dan tidak lulus.

Kegiatan yang dilakukan antara lain menginformasikan tentang muatan ke-Unismaan, kefakultasan, kepemimpinan, pendidikan norma, etika dan pembinaan karakter dan sebagainya. Termasuk, upaya membentuk kedisiplinan mahasiswa dan memanajemen-nya.
“Misal, saya mahasiswa, maka harus bisa berkomunikasi, bersosialisasi, belajar semua, menambah kapasitas dirinya, kompetensi pada dirinya, teruatama dalam bidang hukum sehingga nanti bisa sesuai tema (kegiatan), Satu Sinergi Menuju Hukum Berintegritas,” ujarnya. Dengan begitu, diharapkan mahasiswa FH Unisma menjadi calon lulusan yang berkompeten dan berintegtitas, terutama dalam bidang hukum.

“Tidak terkecuali menjadi wirausaha, karena dalam kurikulum kita ada matkul kewirausahaan. Kami berikan pada semester dua atau empat sehingga harapannya, meski tidak menjadi hakim, tapi bisa menjadi manusia handal dan bermanfaat di bidang wirausaha,” tukasnya. Ditambahkan Suratman, tidak sedikit banyak alumni FH Unisma yang moncer. Berhasil meniti karir di bidang hukum sekaligus sebagai wirausahawan dan sudah tersebar di berbagai daerah.

“Ada Zakia Kusuma Wardani, dia punya usaha tapi bekerja di kantor notaris di Kota Malang. Ada Imron Rosadi, dia jadi Hakum Agung yang mana S1 dan S2 nya disini (Unisma). Ada yang berwirausaha dan menjadi jaksa tinggi, pengacara top. Artinya bahwa alumni kami tidak main-main,” tutupnya.

Archives