Final Lomba Debat dan Orasi, Mahasiswa FH Unisma Makin Mahir Berorganisasi

Perayaan Dies Natalies ke-42 Fakultas Hukum Universitas Islam Malang (FH Unisma) dilaksanakan pada Selasa (28/11/2023). Mahasiswa FH Unisma pun antusias mengikuti final lomba debat dan orasi dalam rangkaian Dekan Cup. Dekan FH Unisma Dr H. Suratman SH MH mengatakan, tujuan lomba ini untuk melatih mahasiswa yang tergabung di ormawa, khususnya yang memahami budaya berorganisasi.

Selain itu, dia mengatakan, juga menggali skill mahasiswa FH Unisma sebagai ajang persiapan menuju berbagai lomba di tingkat universitas, nasional, dan lain-lainnya. Apalagi FH Unisma sudah terakreditasi Unggul dan Internasional FIBAA German. “Ketika mereka lulus, mahasiswa tidak hanya mendapat ilmu hukum. Mereka juga unggul dan ahli di bidang organisasi kemasyarakatan atau politik. Jadi, ketika akan bergabung ke salah satu organisasi sudah tidak ragu,” ujarnya.

Suratman mengatakan, Dies Natalies ke-42 ini menjadi momentum fakultas untuk semakin menyempurnakan diri dalam berbagai hal. Jadi, mereka bisa berkontribusi penuh bagi masyarakat, khususnya di bidang hukum. “Akhir-akhir ini FH Unisma bersinergi dengan masyarakat dalam bidang pemerintahan. Salah satunya dalam rancangan UU dan naskah akademik dengan berbagai institusi di Pamekasan dan lain-lainnya,” bebernya.

Untuk diketahui, final lomba debat ini menyisakan dua tim. Untuk masing-masing tim terdiri dari 3 orang. Untuk lomba orasinya, ada tiga orang yang melaju ke babak final. Dalam final, keterampilan berbicara hingga kemampuan berpikir kritis secara analitis hingga argumen mereka dinilai oleh para dewan juri. Selain itu, Dies Natalies ini juga dimeriahkan dengan lomba legal opinion serta dua lomba non akademis, yakni voli dan futsal.

Dies Natalies ini dipersiapkan sejak Agustus 2023. Mengusung tema Meneladani Akhlak dan Kepemimpinan Rasulullah untuk Mengembangkan FH yang Peduli Terhadap Isu Hukum di Indonesia. Puncaknya akan dihelat Kamis malam (30/11/2023) dibalut dalam Fakultas Hukum Unisma Bersholawat. Kegiatan ini juga mengundang majelis ta’lim wal maulid Ar-Ridwan. Selain diisi dengan kegiatan religi, pemenang berbagai lomba Dekan Cup juga akan diumumkan pada acara ini.

Archives