FH Unisma raih Akreditasi Internasional FIBAA German

Kabar baik datang dari German, ketika Fakultas Hukum Universitas Islam Malang berhasil mendapatkan sertifikat akreditasi Internasional dari FIBAA German. FIBAA (Foundation for International Business Administration Accreditation) merupakan lembaga akreditasi internasional yang didirikan sejak tahun 1994. Proses assestment akreditasi terhadap FH Unisma dilakukan pada tanggal 6-7 Februari 2023 dengan mengukur sejauhmana kurikulum internasional yang telah dijalankan didalam perkuliahan, penelitian dan pengabdian. Penilaian ini juga mengukur output dan outcome yang dihasilkan dari proses pembelajaran di Fakultas Hukum Universitas Islam Malang.

Setelah sebelumnya mendapatkan Akreditasi Unggul, Fakultas Hukum Universitas Islam Malang tidak lantas berpuas diri. Cita-cita Universitas Islam Malang menjadi World Class University mensyaratkan suluruh program studi yang ada harus mendapatkan akreditasi internasional, termasuk program studi ilmu hukum. Atas dasar inilah pimpinan Universitas Islam Malang mendorong agar setiap program studi mempersiapkan diri melakukan akreditasi internasional. Tahapan demi tahapan dilakukan, mulai dari pembentukan tim, penyusunan kurikulum internasional sampai dengan memastikan kurikulum dapat dijalankan dengan baik. Perjuangan yang telah dilakukan pada akhirnya berujung pada di dapatkannya akreditasi internasional FIBAA oleh Fakultas Hukum Universitas Islam Malang.

Dekan Fakultas Hukum Universitas Islam Malang Dr. H. Suratman, SH., MH menyampaikan bahwa Prestasi ini tidak dapat dilepaskan dari kerja keras yang dilakukan oleh Civitas Akademika Fakultas Hukum Universitas Islam Malang. Dosen, Karyawan, Mahasiswa dan seluruh jajaran pimpinan telah bahu membahu berupaya menjadikan Fakultas Hukum Universitas Islam Malang sebagai Fakultas Hukum yang memiliki kualitas yang tidak hanya diakui secara nasional, namun juga secara global. Suratman menambahkan dengan didapatkannya akreditasi internasional oleh Fakultas Hukum Universitas Islam Malang akan memberikan Challenge bagi seluruh civitas akademika FH Unisma. Utamanya dalam pengembangan kurikulum pembelajaran dan pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi.

Senada Rektor Universitas Islam Malang, Prof. Dr. H. Maskuri, M.Si menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada pencapaian yang telah didapatkan oleh Fakultas Hukum Universitas Islam Malang. Saat ini Program Studi yang telah terakreditasi Internasional adalah sebanyak 6 Program Studi yakni Agribisnis, Agroteknologi, Peternakan, Ilmu Hukum, Akuntansi dan Menejemen. Masih ada 7 Program studi yang masih menunggu hasil dari assessment untuk mendapatkan akreditasi Internasional. Maskuri menambahkan Universitas Islam Malang menargetkan akan melakukan akreditasi terhadap 30 program studi dalam kurun waktu 3 tahun ke depan, hal ini sejalan dengan cita-cita menjadi World Class University.

Fakultas Hukum Universitas Islam Malang memiliki visi menjadi fakultas hukum yang unggul di bidang hukum, bertaraf nasional menuju internasional, dan berorientasi masa depan dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni (IPTEKS) dan budaya untuk kemaslahatan ummat yang berakhlakul karimah berdasarkan islam ahlusunnah waljama’ah. Visi inilah yang membedakan fakultas hukum unisma dengan fakultas hukum lainnya. Mahasiswa ditanamkan nilai-nilai dan karakter aswaja sehingga ketika lulus dapat menjadi inspirator dalam tugas profesionalnya sebagai ahli-ahli hukum baik sebagai penegak hukum, konsultan hukum dan peneliti bidang hukum. 

Archives