Informasi

/

Peradilan Semu Sebagai Ajang Bergengsi Mahasiswa Fakultas Hukum

Rabu, 05 April 2017 - 08:07 WIB
Diposting oleh: Administrator - Kategori: FAKULTAS

Kamis, 23 Maret 2017 empat mahasiswa dari Fakultas Hukum didelegasikan sebagai pengamat dalam acara Lomba Peradilan Semu di Universitas Diponegoro Semarang, Jawa Tengah. Mohammad Supriadi (semester 4), Nashihul Umam (semester 4), Lalu Alex (semester 6), dan Bekti Prasetyo (semester 6) adalah mahasiswa yang didelegasikan sebagai pengamat (obsever) dalam acara Peradilan Semu. Peradilan Semu (Moot Court) adalah sebuah drama peradilan yang diaplikasikan oleh mahasiswa dalam ruang sidang sebagai ajang pengetahuan untuk mahasiswa Fakultas Hukum supaya mengetahui proses peradilan yang sebenarnya.

Peradilan Semu merupakan ajang bergengsi yang membutuhkan biaya tidak sedikit dan biasa diadakan oleh Fakultas Hukum kebanyakan Universitas yang ada di Indonesia, salah satunya adalah Universitas Diponegoro di Semarang. Selain itu, Peradilan Semu adalah ajang tingkat nasional yang banyak diminati dan diikuti oleh mahasiswa Fakultas Hukum yang ada di tanah air. Sehingga, tak heran jika dalam ajang Peradilan Semu mampu menciptakan suasana nyata dalam ruang sidang seperti adanya peserta yang berperan sebagai hakim, hakim ketua, hakim anggota, panitera satu, rohaniwan, petugas sipir, saksi, penasehat hukum, dan jaksa penuntut umum. Bahkan surat dakwaan dan konflik yang diciptakan oleh para peserta semakin memperkuat suasana persidangan.

“Universitas lain saja bisa mengikuti ajang seperti ini, kenapa Unisma tidak? Kita bisa kok kalau terus dilatih!” ujar Adi, salah satu obsever yang dikirim dalam ajang Peradilan Semu. Selain itu, para obsever  berharap jika tahun depan mereka bukan lagi dikirim sebagai obsever, melainkan sebagai delegasi yang ikut serta dalam ajang bergengsi tersebut dan semoga banyak pihak yang bersedia mendukung supaya mahasiswa Fakultas Hukum Unisma mampu menciptakan prestasi yang mengharumkan nama kampus.

(Berita ini ditulis oleh Firda Ummi Kulsum mahasiswa Fakultas Hukum Unisma)