Informasi

/

Gerakkan 1000 Susu untuk Anak Indonesia

Selasa, 01 November 2016 - 11:04 WIB
Diposting oleh: Administrator - Kategori: FAKULTAS

Untuk pertama kalinya Himpunan Mahasiswa Progam Studi (Himaprodi) Ilmu Hukum Universitas Islam Malang mengadakan bakti sosial “Gerakkan 1000 Susu untuk Anak Indonesia” yang diselenggarakan pada Minggu, 30 Oktober 2016 di desa Arjosari RT.01 RW.07 Kelurahan Purwodadi Kecamatan Blimbing Kabupaten Malang. Gerakkan ini bertujuan untuk meningkatkan ketertarikan anak-anak dalam meminum susu terutama anak-anak di kalangan kaum marginal. Desa Arjosari Kelurahan Purwodadi  Kecamatan Belimbing ini merupakan desa yang mayoritas penduduknya adalah seorang pemulung, pengemis, dan tukang becak. Bahkan tempat tinggal mereka bersandingan dengan rel kereta api dan sebagian masih terbuat dari triplek atau kayu.

Tak hanya sekedar membagikan susu, tim Himaprodi Ilmu Hukum juga bekerjasama dengan Future Leader for Anti Corruption (Flac) Regional Malang untuk memberikan wawasan terhadap anak-anak desa Arjosari tentang pentingnya kesehatan bagi generasi muda yang jujur dan berjiwa anti korupsi. Sehingga semangat belajar mereka akan bangkit dan memandang peran penting sebuah susu dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Bahkan acara yang dibawakan telah berhasil memberikan kesan menyenangkan bagi anak-anak, karena adanya beberapa kuis atau game berhadiahkan pin bertuliskan “Aku Anak Jujur!” persembahan dari Flac Malang, dan tambahan dua kotak susu dari tim Himaprodi Ilmu Hukum Universitas Islam Malang. Sehingga banyak anak-anak yang berebut maju ke depan untuk belajar memimpin menyanyi, menyapa teman-temanya, bahkan ada yang memperkenalkan dirinya hingga menyebutkan cita-citanya.

Setelah beberapa rangkaian acara dilalui, tibalah acara pembagian susu yang telah dinantikan oleh anak-anak. Untuk mengkondisionalkan agar anak-anak tetap tertib dan membudayakan antri, maka dari tim Himaprodi memberi pengarahan untuk antri memanjang membentuk barisan di belakang mengikuti salah satu  anggota FLAC Malang (Adi) sehingga anak-anak tidak saling dorong-mendorong untuk mendapatkan susu, bahkan ada beberapa Ibu yang turut serta mengantri sembari menuntun atau menggendong anaknya.

Usai pembagian susu, tim Himaprodi dan FLAC Malang membagikan properti tulisan untuk mengiasi suasana dalam mengabadikan moment bersama Anak-anak. Setelah pengabadian moment, tim Himaprodi Ilmu Hukum Universitas Islam Malang dan Flac Malang bersama-sama mengunjungi ketua RT 07 desa Arjosari Kelurahan Purwodadi  Kecamatan Blimbing untuk bersilaturahmi dan mengucapkan terima kasih sebelum pamit kembali ke rumah masing-masing.

(Berita ini ditulis oleh Firda Ummi Kulsum mahasiswa Fakultas Hukum Unisma)