Informasi

/

Kunjungan Dosen Filsafat UGM

Selasa, 18 Oktober 2016 - 12:15 WIB
Diposting oleh: Administrator - Kategori: Fakultas

Rabu, 28 September 2016 tepat pukul 09.30 di ruang Rapat Bersama lantai 1 gedung Usman Bin Affwan UNISMA,  terselenggara acara Ceramah Dosen Filsafat Universitas Gajah Mada (UGM) di FH UNISMA yang dikhususkan bagi mahasiswa penempuh mata kuliah filsafat hukum. Meskipun hanya dikhususkan bagi mahasiswa penempuh mata kuliah filsafat hukum, namun ada pula mahasiswa lain yang turut menghadiri dan berantusias menyimak ceramah dengan seksama. “Ini baru awal kali saya mengikuti dan menyimak pembicaraan mengenai filsafat, jadinya agak bingung, kadang juga sedikit tidak nyambung. Walaupun demikian saya tetap antusias mengikuti ceramah filsafat sampai selesai. Dengan adanya ceramah ini, saya jadi memiliki keinginan untuk belajar filsafat lebih dalam lagi.” Ujar Ahmad Syamsuddin, mahasiswa semester 5 yang masih belum menempuh mata kuliah filsafat hukum. 

Ceramah dibuka oleh Bapak Dekan Dr. H. Mariyadi. SH.,MH bertema “Mengenal Filsafat dan Peranannya dalam Pembangunan Bangsa”. Selain bapak dekan, terlihat pula pimpinan civitas akademika yang menghadiri kegiatan tersebut, yakni Wakil Dekan 1 FH UNISMA Bapak  H.  M. Taufrik. SH.,MH dan Bapak Abid Zamzami SH.MH selaku Wakil Dekan 2 FH UNISMA. Ceramah dari dosen filsafat UGM (Universitas Gajah Mada) disampaikan oleh Bapak Dr. Rizal Mustamsir dengan di dampingi Ibu Siti Murdiningsih dan Ibu Dra. Sunjorini berlangsung kurang lebih dua setengah jam. Beliau menjelaskan bahwa “Pada dasarnya filsafst itu berbicara mengenai tiga hal. Yang pertama Tuhan, kedua alam, ketiga manusia.” “Pancasila ini mengandung nilai filosofis yang artinya Pancasila sebagai sumber acuan dalam menyusun etika kehidupan berbangsa bagi seluruh rakyat Indonesia.  Karena Pancasila bersumber dari nilai-nilai dan budaya bangsa Indonesia sendiri. Pancasila memiliki peran penting dalam pembangunan bangsa jika sila-silanya dapat dijalankan secara seimbang.” tambah beliau.

Selain bersumber dari budaya bangsa, Pancasila sebagai dasar filosofis mengandung tiga hal yakni ontologis (the way of life) yang mengatur bagaimana cara hidup dalam bermasyarakat yang tercermin dalam lima sila Pancasila.  Kedua adalah epistemologis (the way of thinking) yang membahas mengenai cara berpikir seseorang. Membahas mengenai pentingnya untuk mengetahui perbedaan antara ilmu dengan pengetahuan serta kebenarannya. Karena kebenaran adalah titik tertinggi dalam ilmu pengetahuan. Yang terakhir adalah aksiologi. Dalam aksiologi membahas mengenai nilai. Diantaranya nilai tertinggi adalah berasal dari Tuhan, nilai moral, nilai keindahan (estetika). Juga membahas mengenai apa yang dapat dilakukan dan apa yang tidak dapat dilakukan yang pembahasannya lebih luas dari etika. Dengan demikian Pancasila mampu menjadi sumber dari segala sumber hukum untuk mengatur kehidupan berbangsa dengan kondisi masyarakat yang sifatnya pluralistik dan  multikulturalistik.

Bapak Drs. Noorhudha Muchsin. M.M dosen FH UNISMA yang merupakan alumni jurusan filsafat  dari UGM menjadi moderator dalam kegiatan ceramah tersebut tampak antusias dalam memimpin jalannya ceramah hingga akhir. Terdapat pula sesi tanya jawab dalam ceramah filsafat kali ini. Sehingga membuat suasana ceramah menjadi hidup. Dalam kesimpulannya Bapak Rizal menyampaikan bahwa “Dalam konteks dasar filosofis pancasila dalam pembangunan bangsa dan negara dibutuhkan aktor, yaitu manusia. Karena manusia merupakan aktor yang mampu membangun dan mengembangkan bangsa. Mengingat bahwa dalam pancasila terdapat nilai-nilai yang bersumber dari budaya bangsa yang menyangkut semangat toleransi dengan tidak menciderai atau menyalahkan orang lain, mengutamakan moral dan kebiasaan baik. Karena moral adalah masalah membiasakan hati nurani untuk mengetahui hal baik dan buruk. Dan menanamkan rasa cinta kebangsaan serta menjadikan pancasiula sebagai ideologi bangsa dan pandangan bangsa dan menjadikan garda terdepan dalam semangat pembangunan bangsa.

(Berita ini ditulis oleh Widya Rainnisa mahasiswa Fakultas Hukum Unisma)