Informasi

/

Penyambutan Mahasiswa Baru FH UNISMA 2016

Jumat, 30 September 2016 - 10:39 WIB
Diposting oleh: Administrator - Kategori: Fakultas

Orientasi dan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru Fakultas Hukum Universirtas Islam Malang (OSHIKA MABA FH UNISMA) kembali diadakan pada hari kedua acara OSHIKA universitas. Tepatnya tanggal 6 September 2016 di lantai 7A gedeung Usman Bin Afwan. Kegiatan ini merupakan acara tahunan yang dilakukan oleh setiap fakultas di UNISMA yang bertujuan untuk memperkenalkan segala informasi kepadapara mahasiswa sesuai fakultasnya masing-masing.

Kegiatan OSHIKA FH UNISMA yang diikuti oleh 259 mahasiswa baru FH berlangsung lancar dan sukses hingga akhir kegiatan. Kegiatan ini dihadiri dan di buka oleh bapak Dekan yakni Dr. H.Mariyadi, SH.,MH. beserta dosen dan staf Fakultas Hukum. Dalam sambutan pembukaannya Bapak Dekan menyampaikan “Sebagai mahasiswa baru Fakultas Hukum UNISMA harus siap menjadi penegak hukum yang tegas dalam menegakkan hukum”. Beliau juga menjelaskan sebagai mahasiswa hukum harus  memiliki kemampuan public speaking yang bagus serta dapat menguasai bahasa daerah, bahasa Indonesia,Inggris, terlebih Arab. “Dalam Fakultas Hukum UNISMA mahasiswa akan dididik dan dibekali pengetahuan sehingga tercipta insan yang unggul baik dalam akhlak maupun dalam ilmunya yang diharapkan mampu bersaing di dunia internasional” tambah beliau.

Terdapat tiga pemateri dalam kegiatan ini, Pertama adalah materi mengenai bidang akademik dan Visi Miasi Fakultas Hukum yang disampaikan oleh Wakil Dekan 1 FH yaitu bapak H. Taufik, SH.,MH mulai dari sebaran mata kuliah, cara melakukan pengisisan KRS, jumlah SKS, dan tata cara menjadi mahasiswa FH.”Orang belajar hukum adalah orang yang mempelajari mengenai keadilan. Para mahasiswa FH UNISMA diharapkan mampu menjadi pilar-pilar penegak keadilan yang mampu berbicara didepan umum dan mampu berbahasa dengan baik dan benar”. Beliau juga menekankan agar mahasiswa FH UNISMA mampu berbahasa asing seperti Inggris dan Belanda untuk menunjang keilmuannya dalam berbicara di depan umum.  Pemateri Kedua adalah Bapak Abid Zamzami, SH.,MH selaku Wakil Dekan 2 FH UNISMA. Beliau menjelaskan masalah kemahasiswaan fakultas hukum UNISMA. “Sebagai mahasiswa kini saatnya untuk menjadikan dirinya lebih berkembang, lebih rajin, dan lebih mandiri dari sebelumnya terutama dalam mencari informasi yang berhubungan dengan urusan kuliah sehingga tidak tertinggal informasi”. Beliau juga menjelaskan mengenai organisasi internal yang ada di Fakultas Hukum mulai dari BEM FH, DPM FH, dan HIMAPRODI FH yang diikuti dengan pengenalan setiap organisasi oleh tiap perwakilan yang ditunjuk.

Pengenalan organisasi intra FH UNISMA yang pertama adalah BEM FH oleh Lalu Alex Tantoi selaku wakil ketua, dimana pada awal perkenalannya ia memberikan definisi hukum secara umum, perkenalan organisasi kedua yakni ketua DPM FH yang diwakili oleh Widya Rainnisa Karlina selaku Ketua Komisi A, Bidang Keorganisasisan yang ia sampaikan menggunakan Bahasa Inggris, dan ditutup oleh Ketua HIMAPRODI FH yang pada awal perkenalan organisasinya ia mengutip sebuah kalimat berbahasa inggris dari seorang ahli hukum.

Pemateri yang ketiga adalah Bapak Baharudin Umusagi, SH. Sebagai alumni mahasiswa FH unisma yang telah sukses dalam karirnya. Beliau memberikan banyak motivasi dan semangat kepada para mahasiswa baru FH UNISMA untuk menjadi mahasiswa yang mau mengembangkan dirinya dalam kampus dan dalam kehidupan bermasyarakat. “Selain agent of change, mahasiswa berperan sebagai jembatan antara masyarakat dengan penguasa”.

OSHIKA MABA FH UNISMA merupakan langkah utama Fakultas Hukum untuk menjadikan mahasiswa baru semakin mantap dan percaya diri unjtuk menjadi bagian dari keluarga besar FH UNISMA. Dengan harapan mereka mampu menghadapi tantangan di era globalisasi dan tidak terlenakan karena adanya modernisasi.

(Berita ini ditulis oleh Widya Rainnisa mahasiswa Fakultas Hukum Unisma)