Informasi

/

Bakti Sosial DPM FH Peduli Bencana di Pujiharjo

Jumat, 30 September 2016 - 10:13 WIB
Diposting oleh: Administrator - Kategori: Fakultas

Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Hukum (DPM FH) Universitas Islam Malang menyelenggarakan kegiatan bakti sosial di daerah Malang Selatan, tepatnya di Dusun Blok Songo, Desa Pujiharjo, Kecamatan Tirtoyudo, kabupaten Malang pada hari Minggu, 25 September 2016 dengan tema “Peduli Bencana di Pujiharjo”.

            Desa Pujiharjo mengalami banjir bandang sebanyak 3 kali dalam kurun waktu 4 bulan terakhir. Banjir terjadi akibat luapan sungai yang berasal dari air hujan yang turun samgat deras. Kurangnya serapan air dan gundulnya hutan akibat penebangan liar adalah salah satu penyebab meluapnya air sungai yang tidak cukup tertampung. Pak Mudjiran, salah seorang warga desa Pujiharjo menyampaikan “Hujan itu sebenarnya rahmad dari yang maha kuasa, hujan turun untuk memenuhi kebutuhan air bagi pepohonan di hutan. Tapi sayangnya sekarang disini pohon-pohon besar yang mampu menyerap air sudah banyak yang ditebang, diganti dengan pohon pisang. Akibatnya kalau hujan ya banjir, pohon pisang tidak mampu menahan air dengan banyak, akhirnya juga longsor.” ujar beliau.

            “Pada dasarnya manusia itu tidak merusak, tetapi nafsulah yang membuat manusia ingin merusak” tambah orang yang akrab disapa pak guru tersebut.  Mengingat akibat terjangan banjir bandang tersebut terdapat banyak rumah warga yang rusak, mulai rusak ringan hingga hilang akibat terjangan banjir. Salah seorang nenek dari mahasiswi Fakultas Ekonomi (FE) UNISMA yang rumahnya terkena banjir mengatakan “Omahku ing kono wes klebon banyu, opo maneh omahe tonggoku wes parah kenek banjir, mangkane aku nang kene, nang omah sing ndek kene supoyo aman.” ujar beliau dalam bahasa jawa yang artinya,  rumah saya yang disana sudah terrendam air, apa lagi rumah tetangga saya yang sudah parah terkena banjir, oleh sebab itu saya kesini, ke rumah yang disini agar aman.

            Muhammad Yusuf, selaku ketua pelaksana Bakti sosial mengatakan bahwa “Tujuan utama diadakannya baksos kali ini adalah sebagai bentuk rasa prihatin kita atas terjadinya musibah banjir yang datang bertubi-tubi di desa Pujiharjo. Kedua kami ingin menumbuhkan serta membudayakan jiwa sosial yang kini sudah mulai hilang dikalangan para pemuda. Dengan diadakannya baksos di Pujiharjo yang mayoritas penduduknya non muslim diharapkan para anggota DPM FH mampu memberi contoh untuk saling tolong-menolong antar umat beragama.” Tolong-menolong kepada orang lain walaupun beda ras, suku agama dan budaya, insyaallah mampu membuat hidup jadi lebih  bermakna.”, tambahnya singkat.

            Kedatangan anggota DPM FH disambut dengan ramah dan antusias oleh warga dan Kepala Desa Pujiharjo. Bapak Hendik Arso mengatakan “Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesediaannya teman-teman dari DPM FH UNISMA yang telah bersedia untuk mengulurkan bantuannya kepada kami disini. Semoga mendapatkan balasan yang setimpal atas apa yang telah disumbangkan kepada kami.” Bantuan yang langsung diserahkan kepada bapak Kades lulusan sarjana hukum tersebut berupa Belasan mie instant dan pakaian, ditambah belasan sak semen yang diserahkan secara simbolis sebanyak dua sak semen diawal kegiatan baksos. 

            Dengan adanya kegiatan baksos ini diharapkan mampu menjadi contoh bagi semua mahasiswa Universitas Islam Malang untuk selalu menanamkan rasa peduli pada orang lain, tidak mementingkan diri sendiri, toleransi, serta selalu bersyukur atas rizki yang telah diberikan oleh Allah SWT sehingga mampu memanfaatkannya dengan benar. Dan tidak lupa untuk menjaga alam agar tetap lestari, karena alam bukanlah warisan nenek moyang, melainkan titipan dari anak cucu kita dimasa depan.

(Berita ini ditulis oleh Widya Rainnisa mahasiswa Fakultas Hukum Unisma)