Informasi

/

Study Excursie Ke Lembaga Tinggi Negara

Jumat, 11 Maret 2016 - 10:18 WIB
Diposting oleh: Administrator - Kategori: FAKULTAS

Dewasa ini, lembaga tinggi Negara seperti KPK dan DPR banyak disorot oleh media. Hal ini menjadi salah satu objek study yang cocok bagi mahasiswa Fakultas Hukum untuk mengetahui perihal pro-kontra apa yang sedang terjadi diantara kedua lembaga Tinggi Negara tersebut. Maka dari itu Fakultas Hukum Universitas Islam Malang mengadakan kunjungan ke beberapa lembaga Tinggi Negara di Jakarta. Kegiatan ini diikuti oleh 28 mahasiswa dengan didampingi dekan Fakultas Hukum UNISMA yaitu bapak Dr. H. Mariyadi, SH.,MH. Pelopor kegiatan ini adalah mahasiswa semester tujuh angkatan 2012 Fakultas Hukum UNISMA. Lembaga Tinggi Negara yang dikunjungi yaitu  DPR RI, KPK, dan Kejaksaan Agung. Kegitan ini dilakukan pada tanggal 26 Januari sampai dengan 31 Januari 2016.

Study Excursie ke lembaga tinggi negara di Jakarta ini selain bertujuan untuk membesarkan dan mempromosikan Fakultas Hukum UNISMA, kegiatan ini berhubungan dengan mata kuliah PLKH (Praktik Latihan Kemahiran Hukum) secara umum dan secara khususnya diorientasikan untuk meningkatkan pola pikir, wawasan, pengetahuan, dan pengalaman baru bagi mahasiswa Fakultas Hukum UNISMA dalam menyongsong masa depan yang akan datang. “Tadinya ini hanya acara perpisahan mahasiswa semester tujuh, kita gak mau kalau acaranya cuma refreshing tapi juga sambil belajar. Karena belajar itu tidak harus di kampus saja, di lembaga Negara juga bisa. Dengan berkunjung kesana kita dapat bertanya langsung pada orang ynag lebih paham sehingga dapat melatih kita untuk berani bertanya dengan harapan pola pikir kita akan berbuah kritis.  Kemahiran hukum tidak hanya mengerjakan tugas, membuat surat kuasa, surat gugatan, duduk di moot court, dan lain lain tetapi kita juga bisa berdialog dan tatap muka langsung dengan mereka yang bekerja di lembaga Negara”. Ujar Reza Pahlawan yang menjabat sebagai Ketua Pelaksana kegiatan Study Excursie.

KPK (Komisi Pemberantas Korupsi) menjadi tujuan utama study excursie dengan topik bahasan “Peranan Mahasiswa Fakultas Hukum dalam Melakukan Pemberantasan Korupsi Di Indonesia”. Tujuan kedua adalah DPR RI, dengan sambutan hangat kepada mahasiswa Fakultas Hukum UNISMA dari ibu Sekjen yang membahas mengenai Peranan DPR Sebagai Dewan Perwakilan Rakyat. Dan diakhiri dengan berkunjung ke Kejaksaan Agung bagian Penerangan Hukum dengan topik bahasan Peninjauan Kembali Untuk Memberikan Kepastian Hukum. Dwi Endah Lestari mengatakan bahwa kedatangan para mahasiswa dan bapak Dekan Fakultas Hukum Universitas Islam Malang disambut baik oleh lembaga-lembaga negara yang dikunjungi, kunjungan ini membawa banyak manfaat dan pengetahuan dalam bidang hukum “Sebenarnya kami mengharapkan bertemu atau ditemui orang-orang penting lainnya untuk berdialog dan bertatap muka, sayangnya mereka masih memiliki kesibukan yang tidak bisa ditinggalkan”, tambah Endah.

Setelah melakukan kunjungan ke lembaga negara para mahasiswa dan bapak dekan menghadiri acara live disalah satu program televisi swasta yang cukup ternama yaitu NetTV dalam program acara Ini Talk Show yang dihibur oleh komedian Sule dan kawan-kawan. Rangkaian kegiatan akhir yang dilakukan oleh mahasiswa Fakultas Hukum UNISMA  sebelum kembali ke kota Malang adalah refreshing menuju Chiampelas, Bandung. Dalam perjalanan pulang, mereka juga sempat bermalam disalah satu hotel ternama di Kota Jogjakarta. Mahasiswa Fakultas Hukum juga mengunjungi berbagai tempat-tempat istimewa seperti Malioboro, Candi Borobudur, dan Goa Pindul. “Hal yang paling menyenangkan itu saat ke Malioboro, karena disana kami dapat jalan-jalan keliling menikmati indahnya kota Jogjakarta” ujar Dwi Endah. 

(Berita ini ditulis oleh Widya Rainnisa Mahasiswa Fakultas Hukum Unisma)