Mahasiswa FH Unisma Studi Lapangan Hukum Lingkungan di Titik 0 Kali Brantas

Batu, 28 Desember 2022. Sebanyak 11 Mahasiswa FH Unisma yang mengambil mata Kuliah Hukum Lingkungan melakukan studi lapangan ke titik 0 Kali Brantas di Kota Batu. Titik 0 Kali Brantas merupakan sumber mata air yang berada di hulu sungai/kali brantas yang mengalir di banyak daerah (Kota Batu, Kota Malang, Kabupaten Malang, Blitar, Jombang, Sidoarjo, Pandaan, Surabaya dll) sepanjang 320 Kilometer.

Tujuan dari dilakukannya Studi Lapangan ini adalah memperkuat pemahaman, sikap dan tindakan mahasiswa dalam melindungi lingkungan hidup, utamanya perlindungan terhadap sumber mata air. air adalah kehidupan, oleh karenanya harus dijaga dan dilestarikan.

Kehadiran mahasiswa disambut secara langsung oleh Bapak Hamid yang merupakan pegawai dari PT Jasa Tirta 1 yang betanggung jawab mengelola dan melindungi titik 0 kali brantas. Bapak Hamid Menyampaikan bahwa titik 0 Kali Brantas dulunya dibuka untuk umum, tapi beberapa tahun belakangan ditutup untuk menjaga kelesatariannya. diungkapkannya bahwa kehadiran mahasiswa di lokasi titik 0 kali brantas untuk studi lapangan merupakan agenda yang bagus untuk memberikan pemahaman secara langsung kepada mahasiswa tentang pentingnya menjaga dan melindungi lingkungan hidup, utamanya sumber mata air.

Selanjutnya Bapak M. Fahrudin Andriyanyansyah, SH,. MH selaku dosen pengampu matakuliah hukum lingkungan menyampaikan pentingnya mahasiswa diajak untuk terjun langsung ke lapangan, melakukan observasi. diharapkan dengan studi lapangan ini dapat membuka wawasan terhadap pentingnya melindungi lingkungan hidup, khususnya sumber mata air. Jika sumber mata air hilang maka yang secara langsung terkena dampaknya adalah masyarakat. Selain itu, disampaikan pula bahwa harapan agar perlu membangun kolaborasi antara FH Unisma dengan PT Jasa Tirta 1 dalam program-program yang berkaitan dengan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

FH Unisma terus berkomitmen menjadi fakultas yang memiliki perspektif pembangunan berkelanjutan.

Archives