Home / Berita / Dekan FH Unisma Hadir dalam Munas APPTHI

Dekan FH Unisma Hadir dalam Munas APPTHI

Spirit pengembangan yang kuat dibawa oleh Dekan Fakultas Hukum Universitas Islam Malang (Dr. H. Suratman, S.H., M.Hum) dengan berpartisipasi aktif dalam kegiatan Asosiasi Pimpinan Perguruan TInggi Hukum Indonesia (APPTHI) yang dilaksanakan di Hotel Patra Semarang. Kegiatan dihadiri 300 peserta dari lebih 150 Perguruan Tinggi Hukum di Seluruh Indonesia. Acara dibuka secara langsung oleh Gubernur Jateng (Ganjar Pranowo) yang memberikan sambutan akan  pentingnya perguruan tinggi Hukum memerankan fungsi sentral dalam membangun hukum yang adaptif dan futuristik untuk mencapai cita-cita hukum yang diharapkan.

Agenda dilanjutkan dengan Seminar Nasional dengan tema “Membangun Sistem Hukum Indonesia yang berkadilan dan Humanis” yang disampaikan oleh 3 (tiga) Narasumber pakar, yaitu: Dr. Priyanto, S.H., M.H (Sekretaris Jaksa Agung Muda Perdata dan TUN),  Priyanto menggambarkan bahwa peran hukum dan reformasi hukum merupakan jawaban yang harus dijunjung tinggi untuk mewujudkan keadilan. Oleh karenanya dan Negara harus hadir. Prof. Dr. Sri Endah Wahyuningsih, S.H., M.Hum (GB FH Unisulla Semarang) menyampaikan bahwa Masalah besar sistem hukum nasional kita tidak hanya masalah Law enforcement tetapi yg jauh lebih besar adalah menyangkut Law Reform/Development yang melingkupi pandangan Substsansi, Struktur dan Cultural. Dr. Marcella Elwina, S.H, C.N., M.Hum (Unika Soegijapranata Semarang), menekankan eksistensi pasal 49 (1) KUHP sebagai alasan Pembenar dan Pasal 49 (2) KUHP sebagai alasan pemaaf. Kuncinya berpegang pada asas proporsionalitas.

Acara dilanjut Penjelasan Perkembangan LAM Hukum dan Tim Kerja LAM Hukum. Acara puncak adalah MUNAS APPTHI yang diikuti para Dekan diantaranya agenda regenerasi Ketua Umum APPTHI periode selanjutnya.
Dr. H. Suratman, S.H., M.Hum, yang hadir didampingi salah satu Dosennya (Ahmad Syaifudin, S.H., M.H.) menyampaikan bahwa point penting kegiatan ini bagi FH UNISMA adalah meneguhkan posisi/standing FH UNISMA terhadap perguruan tinggi hukum di indonesi  sebagai langkah kerjasama dan sinergi untuk berkontribusi sebagai Central of Nation Development .  FH Unisma terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas Lulusan, Peningkatan Kualitas Dosen dan Kurikulum yang lebih progresif dan futuristik. FH Unisma Maju dan Berkembang.

Total Page Visits: 53 - Today Page Visits: 1

About Admin

x

Check Also

FH Unisma serahkan 1 ekor sapi ke MA al-ma’arif Singosari Kabupaten Malang

Malang, 10 Juli 2022. Di hari raya Idul Adha 1443 Hijriyah, FH ...

العربيةEnglishBahasa Indonesia